Minggu, 21 Agustus 2011

31 Mei, Hari Tanpa Tembakau Sedunia???


“Jika tinggal di Larissa, kau akan temukan kedamaian.Kau akan menemukan wanita cantik. Kau akan punya putra dan putri dan mereka akan punya keturunan. Dan mereka akan menyayangimu. Jika kau pergi, mereka akan mengingatmu. Tapi jika anakmu mati,juga keturunan mereka, namamu akan hilang. Jika kau pergi ke Troya kau akan mendapatkan kemuliaan. Selama ribuan tahun mereka akan menulis cerita kemenanganmu. Dunia akan mengingat namamu. Tapi jika kau pergi ke Troya kau takkan pernah kembali. Karena kemuliaanmu berjalan seiring dengan kematianmu. Dan lbu takkan pernah melihatmu lagi”, kata ibu Achiles (TROY movie).
Achiles memilih pergi ke Troya mengalahkan penakluk kuda terhebat, Hector dan melecehkan raja terkuat Yunani, Agamemnon. Dan akhirnya tak pernah kembali pulang. Makamnya diperkirakan ada di Besic Tepe , Turki tak jauh dari situs Troya. Namanya abadi hingga saat ini bersama kisah epik Iliad dan Odissey (novel yang terbit 400 tahun setelah perang troya) karya Homer. Perang troya sendiri terjadi 3200 tahun yang lalu.
Apakah achiles merokok, atau suka menikmati tembakau dengan cara lain? Jika iya tidak masalah meskipun 31 Mei diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia, toh ia sudah mati. Tapi bagaimana dengan komunitas masyarakat kuno yang masih suka mengunyah sirih dengan tembaku (susur) sebagai menu pelengkapnya? Bagi komunitas dunia yang membuat peringatan hari tanpa tembakau, ini bukan masalah, karena mereka tidak memikirkan sampai kepada komunitas penikmat sirih, mereke melupakannya begitu saja. Dengan bangganya mereka merancang hari itu meski anehnya dunia mengakuinya dan anehnya lagi entah hari itu berefek apa.
Sekali lagi tidak ada masalah bagi mereka. Tapi menurut saya justru ini letak masalahnya. Mereka melupakan kaum yang lain. Tidak seperti apa yang dikatakan ibu Achiles, komunitas penikmat sirih dilupakan bahkan saat mereka masih hidup. Ini seperti memisahkan antara komunitas modern dan komunitas kuno, di mana mereka masih dalam taraf evolusi yang sama, spesies sama dan di dunia yang sama. Di mana kisah awal dan hancurnya komunitas yang lebih besar ( bangsa ), masih tidak jauh beda dari jaman Troya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar